Kamis, 18 Oktober 2012

Tahu Isi

Beberapa hari lalu dapat kiriman tahu isi dari tetangga baik. Cuma empat biji sih, soale memang buat aku. Enaknya bukan main. Isinya beragam, ada yang dicampur wortel, ada yang dicampur irisan rumput laut, ada yang cuma bawang putih tok.

Aku tanya-tanya kenapa bisa seenak itu. Si tetangga bilang, tahunya home-made - maksudnya home industry gitu, bukan dibikin massal, dia pun katanya tahu betul kalau si pedagang memang yang buat si tahu. Itu hal pertama, yang, tentu saja, bikin aku maklum kenapa tahunya bisa gurih rasanya.

Yang kedua, katanya bumbunya sederhana banget. Modalnya cuma bawang putih. Lantas ya garam, merica, dan bumbu penyedap - dia bilang pakai merek Royco. Kok bisa enak? Dia cuma ketawa aja.

Ah, aku penasaran dong. Dalam hati aku pengen banget bikin, masak gitu aja nggak bisa sih?

Tapi..belum sempat beli bahan-bahannya, tahu-tahu si tetangga datang dan kasih tahu lima biji. Walah! Ini artinya aku bisa bikin 10 tahu isi - kan satu tahu isi itu setengah (potong diagonal) tahu. Lumayan banget ya..

Nah, mulailah aku berburu bahan-bahan dan mulai pula singsingkan lengan baju dan memasak. Ini jadinya:


Not bad ya? Rasanya pun enak :)

Ini resepnya (isi wortel)

Bahan-bahan:
Tahu putih, iris melintang, kerat tengahnya.
Daging ayam giling
Daun bawang, iris tipis
Wortel, parut
Putih telur
Bawang putih, iris, goreng, haluskan
Garam
Merica bubuk
Bumbu penyedap -- aku pakai kaldu bubuk vegetarian (dari jamur)

Cara membuat
1. Campur semua bahan kecuali tahu jadi satu.
2. Isikan campuran tadi ke tahu
3. Kukus hingga matang

Cara penyajian:
1. Digoreng
2. Masukkan ke dalam kuah kaldu (kaldu ayam dengan bumbu bawang putih dan irisan daun bawang).

Gampang kan?

O ya, pada bahan-bahan itu kan ada putih telur, aku tanya ke tetanggaku untuk apa kuning telurnya? Dia jawab: buat lauk mi instan.

Ooo..baiklah, aku ikuti aja apa sarannya :P

Tidak ada komentar: